Sabtu, 27 Oktober 2012

Cerminan Pemuda



CERMINAN PEMUDA

Pemuda, sebuah kata tapi jka direnungkan memiliki makna cukup besar. Ketika seseorang mengalami fase usia muda dalam hidupnya, banyak sekali kesempatan-kesempatan untuk melakukan banyak hal, baik itu sebuah pencapaian maupun perubahan. Masa muda merupakan masa dalam puncak perkembangan tenaga dan pikiran. Dalam sebuah negara, pemuda memegang peran penting dalam perkembangannya. Seperti kata bung Karno, “beri aku 10 pemuda dan akan kurubah dunia”. Ini berarti kemajuan dan perubahan sebuah negara berasal dari kemampuan pemuda-pemudi untuk menjaga dan memperbaiki birokrasi negara mereka.

Gencarnya pengaruh dari luar Indonesia seakan menipiskan semangat nasionalis muda-mudi Indonesia. Hal yang sangat sederhana misalnya dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, generasi muda masa kini cenderung lebih senang menggunakan bahasa gaul, mereka lebih senang mempelajari bahasa negara lain daripada mempelajari bahasa Indonesia. Terkesan  kontras dengan golongan muda di masa lampau. Mereka, para pemuda di masa lampau, bangga dengan bahasa Indonesia dan bahkan mengikrarkannya dalam sumpah pemuda.




Hari sumpah pemuda bukan hanya sekedar hari yang harus diperingati setiap tahun lalu dilupakan begitu saja. Tapi juga harus dimaknai oleh para pemuda pada khususnya. Sebab, sumpah pemuda merupakan sejarah awal pergerakan para pemuda yang seharusnya menjadi penyemangat bagi generasi muda masa kini untuk melanjutkan peran aktif pemuda di masa lalu.


Selain itu, sumpah pemuda merupakan tonggak awal persatuan muda-mudi di zaman penjajahan untuk mengusir para kolonial hingga akhirnya negara Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, jadi kita juga harus mengilhami dan melanjutkan perjuangan para pemuda penggerak nasionalisme di masa lalu. Karena berkat mereka kita sekarang bisa menikmati kemerdekaan, berkat mereka kita menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dari banyaknya bahasa yang ada di kepulauan Nusantara.  

Special thanks to : Citra Wardhani


0 komentar:

Posting Komentar